baner



Aloevera Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan


Lidah buaya - Tanaman yang satu ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman ajaib, hal tersebut tidak lah aneh kalau ditinjau dari manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak zaman dahulu bahkan nenek moyang kita dahulu sudah menanfaatkan lidah buaya sebagai tanaman obat, hal tersebut yang membuat tumbuhan lidah biaya diangap ajaib karena khasiat lidah buaya untuk kesehatan baik itu kesehatan dalam tubuh maupun kesehatan luar tubuh (rambut, kulit, ddan lain-lain) sangat banyak. Beruntunglah kita hidup di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis sehingga tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur di tanah kita, bahkan hanya dengan menancapkan potongan dari daun lidah buaya saja tanpa perlu dipupuk atau dirawat tumbuhan lidah buaya dapat tumbuh dengan sendirinya.

Kalau berbicara manfaat tanaman lidah buaya secara mendetail tentunya pembahasan tidak akan ada habis-habisnya, maka dalam kesempatan kali ini blog perawatan rambut rontok hanya akan membatasi pembahasan mengenagi manfaat  lidah buaya secara umum tapi dapat dipastikan pembahasan nantinya akan berbobot sehingga pembaca akan mengetahui garis besar dari manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Bagian lidah buaya yang bisa diambill manfaatnya ntuk kesehatan adalah daun/daun lidah buaya. Ingat hanya daun bukan akar. Jangan samakan tanaman lidah buaya dengan tanaman gingseng, dimana bagian gingseng yang berkhasiat adalah akarnya.

gambar lidah buayagambar lidah buayagambar lidah buaya
Gambar lidah buaya

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya yang diambil dari sumber yang sudah teruji kebenarannya,


1. Manfaat lidah buaya untuk kulit.
Untuk masalah kulit, lidah buaya merupakan solusi alami untuk menyelesaikan beberapa ganguan kesehatan pada kulit. Beberapa masalah kulit yang dapat disembuhkan oleh tanaman lidah buaya antara lain:
a. Radang kulit
Salah satu khasiat lidah buaya adalah menghilangkan gangguan radang kulit. Radang kulit terjadi karena beberapa faktor, faktor tersebut adalah kulit terlalu banyak terpapar atau terkena sinar matahari secara langsung, trauma yang berakibat luka pada kulit, dan akibat paparan sinar-X dari beberapa alat kedokteran (misal alat rontgen). Untuk mendapatkan khasial lidah buaya untuk mengobati radang kulit cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cairan yang berasal dari daging buah lidah buaya. Cairan dari daging buah lidah buaya bisanya seprti gel sehingga dapat dengan mudah untuk dioleskan ke bagain yang terkena radang kulit.
b. Kulit terbakar sinar matahari
Sinar matahari sebenarnya sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup, namun terlalu banyak terkena sinar matahari pada jam-jam tertentu disiang hari dapat menyebabkan kulit terbakar. Salah satu kegunaan lidah buaya adalah mengembalikan kulit terbakar menjadi normal kembali. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada luka bakar sinar matahari secara rutin maka secara berangsur-angsur kulit akan kembali menjadi norma kembali.
c. Jerawat.
Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang sering muncul di muka, tapi tidak menutup kemungkinan untuk muncul di area tubuh yang lain. Khasiat lidah buaya dipercaya sangat berguna untuk menghilangkan jerawat. Cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit berjerawat, dan tinggal tunggu bagaimana lidah buaya beraksi untuk menyembuhkan kulit dari jerawat (pembahasan mendetail nantinya akan dibahas pada poin ke 3).
2. Khasiat lidah buaya untuk rambut.
Untuk masalah rambut, lidah buaya jagonya. Kandungan zat, nutrisi, dan vitamin yang dimiliki lidah buaya sangat membatu membuat rambut menjadi sehat dan terhindar dari masalah-masalalah yang timbul di rambut (contohnya rambut bercabang, rambut rontok,  dan lain-lain).
Manfaat lidah buaya untuk rambut telah dibahas dalam tulisan 10 manfaat lidah buaya untuk rambut , dan cara mengatasi rambut rontok.
3. Manfaat lidah buaya untuk jerawat.
Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya sangat mudah seperti yang telah sedikit dijelaskan diatas. Lidah buaya merupakan salah satu obat untuk jerawat yang zero/nol efek samping, karena kandungan lidah buaya yang sifatnya alami sehingga semua kandungan zat yang dimiliki lidah buaya sangat baik untuk tubuh, khususnya baik untuk kulit dan rambut. Dengan sifat lidah buaya sebagai antibakteri dan astringen maka lidah buaya cocok untuk mengobati jerawat baik yan timbul dari hormon maupun bakteri dan sangat baik untuk upaya pencegahan jerawat muncul kembali setelah diobati.
Antibakteri: Sifat yang dimiliki lidah buaya berfungi untuk mematikan dan menghambat perkembangan bakteri.
Astringen: Sifat ini berhubungan lemak pada kulit, dimana lemak pada kulit yang berlebihan dapat menimbulkan komedo. Maka fungsi gel lidah buaya sebagai mengontrol minyak pada kulit dan mencegah terjadinya komedo.
4 langkah kegunaan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:
1. Siapkan lidah buaya secukupnya(1 helai daun lidah buaya cukup).
2. Belah daun lidah buaya dan ambil gel yang terdapat didalamnya.
3. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena jerawat pada pagi dan malam hari.
4. Lakukan langkah 3 secara rutin untuk mendaoatkan hasil yang maksimal.  
Maka, lidah buaya dapat digunakan untuk penghilang jerawat secara alami dan tanpa efek samping. Dan yang tidak kalah penting juga, tumbuhan lidah buaya sangat mudah untuk di tanam di area sekitar rumah kita.

4. Khasiat lidah buaya untuk wajah.
Kulit yang kulit wajah bersih, sehat, dan bersinar merupakan impian bagi semua orang baik itu laki-laki maupun perempuan. Untuk mendapatkan 3 hal tersbut tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk ke klinik perawatn kulit, cukup dengan tanaman lidah buaya. Lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin A dan C, dimana Vitamin A dan C merupakan vitamin yang sangat berguna untuk kulit. Dengan kulit wajah yang tercukupi oleh vitamin A dan vitamin C, maka permasalahan-permasalahan kulit wajah akan dapat terobati atau terhindari. Permasalahan kulit wajah yang dapat dihindari atau diobati dengan lidah buaya antara lain penuaan dini kulit wajah, kanker kulit, flek pada wajah, sel-sel kulit mati, kerut pada wajah, kulit wajah kering, dan jerawat. Jadi dengan vitamin C dan vitamin A yang terkandung didalam lidah buaya maka lidah buaya menjadi solusi alami dan murah untuk mendapatkan kesehatan kulit wajah.

Terima kasih telah membaca sampai tuntas aloevera manfaat lidah buaya untuk kesehatan, semoga setelah membaca tulisan diatas kita semua jadi sadar bahwa masih banyak bahan alami yang disediakan oleh alam yang  sangat bermanfaat untuk kesehatan, utamakan pengunaan bahan alami untuk menghindari resiko terkena efek samping.

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2014 Perawatan Rambut Rontok - Model kebaya modern - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger . All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger