baner



Manfaat dan khasiat minyak Kemiri


Kemiri atau dalam bahasa latin lebih dekenal aleutites moluccana dahulu lebih kenal sebagai salah satu bahan rempah-rempah. Namun seiring perkembangan jaman, kemiri juga dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Dalam pemanfaatannya, kemiri tidak langsung digunakan secara langsung tapi kemiri diambil sarinya berupa minyak kemiri. Minyak kemiri dihasilkan dari biji kemiri yang telah melalui tahapan tertentu, untuk tahapan membuat minyak kemiri akan dibahas lebih lanjut nanti. Tanaman kemiri tumbuh dan berkembang subur didaerah tropis, jadi kemiri dapat tumbuh di seluruh wilayah Indonesia. Yang menjadi spesial dari kemiri, kemiri telah diresmikan sebagai tumbuhan resmi negara bagian Hawaii (tentunya hanya tumbuhan spesial yang bisa menjadi tumbuhan resmi disuatu daerah).

Hal yang seriing dilupakan dalam proses mendapatkan manfaat kemiri adalah kemiri tidak boleh dikonsumsi langsung karena biji kemiri mengandung sedikit racun yang berbahaya untuk tubuh. Maka, untuk pemanfaatannya harus melalui prosedur yang tepat sehingga manfaat minyak kemiri atapun kemiri bisa didapatkan secara maksimal.

Langkah-langkah membuat minyak kemiri:
1. Siapkan buah kemiri beberapa buah atau secukupnya.
2. Kupas buah kemiri dan ambil biji kemirinya.
3. Biji kemiri yang telah dihasilkan kemudian dimasukkan ke dalam tempat tumbukan.
4. Kemudian tumbuk kasar biji kemiri tersebut.
5. Siapkan wajan penggorengan tanpa menggunakan minyak.
6. Masukkan biji kemiri yang telah ditumbuk kasar ke dalam pengorengan tanpa minyak kemudian goreng sampai kemiri menjadi matang atau agak sedikit gosong (ingat proses pengorengan tidak menggunakan minyak goreng cukup dengan wajan panas!!!!!).
7. Setelah matang tuang kemiri hasil penggorengan tadi ke wadah tumbukan.
8. Tumbuk lagi kemiri yang telah digoreng sampai halus.
9. Setelah halus peras tumbukan kemiri untuk diambil minyaknya.
10. Minyak kemiri siap digunakan.

gambar kemirigambar kemirigambar kemiri
Gambar tanaman kemiri dan buah kemiri.

Minyak kemiri memeiliki banyak khasiat, dua diantaranya adalah khasiat kimiri untuk rambut dan kulit. Banyak produk kecantikan yang telah beredar di indonesia menggunakan kemiri sebagai bahan penyusunnya, hal tersebut tidak lah mengejutkan karena kemiri bisa dikatakan merupakan minyak yang paling baik untuk perawatan rambut dan kulit. Untuk kulit wajah yang berminyak, minyak kemiri sangat cocok untuk digunakan karena minyak kemiri berfungsi sangat baik untuk mengurangi minyak di wajah dan dapat mencegah kulit berjerawat. Selain untuk kulit berminyak, kemiri juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mampu meregenerasi sel kulit yang rusak. Dan manfaat lain yang sering dilupakan adalah minyak kemiri dapat digunakan untuk menangkal sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari, maka minyak kemiri sering digunakan untuk bahan pembuat losen anti sinar matahari yang biasanya digunakan untuk orang yang sedang berjemur di pantai.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Minyak kemiri telah melewati serangkaian uji penelitian yang dilakukan untuk mencari manfaat untuk rambut dan hasilnya sangat memuaskan. Dari penelitian tersebut minyak kemiri bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Hal tersebut dikuatkan oleh kandungan vitamin-vitamin yang dimiliki kemiri sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Dari fakta tersebut maka pengembangan lebih lanjut kemiri mulai digunakan untuk meproduksi shampo kemiri. Salah satu shampoo kemiri yang telah tersedia dipasaran adalah black magic kemiri shampoo. Shanpo black majic kemiri memiliki banyakk khasiat untuk rambut, antara lain :
- Menghentikan rambut yang rontok.
- Mempercepat pertumbuhan rambut.
- Mengatasi rambut kasar dan bercabang.
- Membuat rambut menjadi lebih halus.
- Membuat rambut sehat, lebat, bercahaya dalam waktu yang singkat.
Dari tulisan diatas lagi-lagi bahan alami yang tersedia di alam masih memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat minyak kemiri patut diperhitungkan apabila dibandingkan dengan perawatan kulit dan rambut yang bisa menelan biaya yang tidak sedikit. Dan lagi-lagi fakta membuktikan bahwa bahan alami tidak kalah dengan bahan buatan baik dalam segi manfaatnya ataupun biayanya, dan efek samping yang ditimbulkan bahan alami nyaris tidak ada.

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2014 Perawatan Rambut Rontok - Model kebaya modern - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger . All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger