Penyakit yang menyebabkan rambut rontok lengkap


Rambut rontok merupakan  salah satu masalah yang sering muncul pada rambut. Penyebab dari rambut rontok sangat beraneka ragam, mulai dari penyakit, hormon, perilaku sampe salah shampo bisa menyebabkan rambut rontok. Dalam hal ini, blog perawatan rambut rontok akan membahas penyakit yang menyebabkan rambut rontok, memang benar beberapa penyakit dapat menyebabkan rambut rontok. Biasanya ketika penyakit sudah sampai pada fase tertentu maka kerontokan pada rambut dapat terjadi. Pemahaman mengenai penyakit penyebab rambut rontok perlu karena ketika pengetahuan tentang penyakit cukup maka nantinya untuk langkah penangana kedepan dapat dilakukan secara baik dan benar.

rambut rontok
Rambut rontok

Hal yang perlu di garis bawahi tentang rambut rontok adalah ketika tiba-tiba mengalami peristiwa rambut rontok berlebih secara tiba-tiba maka hal tersebut tidak boleh diangap enteng atau disepelekan, sebaiknya segera mencari informasi ke dokter tentang apa penyebabnya sehingga apabila penyebab rambut rontok dari penyakit maka pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat tanpa menunggu penyakit menjadi parah.

Berikut ini adalah penyakit yang menyebabkan rambut rontok antara lain:
1. Androgenetic alopecia.
Penyakit penyebab rambut rontok yang pertama adalah androgenetic alopecia. Mungkin penyakit ini jarang terdengar ditelinga kita, karena penyakit ini berkaitan dengan genetik atau biasanya diturunkan oleh orang tua. Biasanya penyakit ini mulai menyebabkan tanda-tanda rambut rontok pada usia 20an tahun.
2. Telogen effluvium.
Penyakit penyebab rambut rontok yang kedua adalah telogen effluvium. Penyakit ini lebih disebabkan oleh tekanan mental atau stres akibat mengalami suatu kondisi fisik. Penyakit ini biasanya terjadi dalam keadaan ketika mengalami kehamilan, stres pasca operasi, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba.
3. Lupus.
Penyakit penyebab rambut rontok yang ketiga adalah lupus. Lupus merupakan penyakit yang menyerang kekebalan tubuh. Sehingga salah satu tanda seseorang terjangkit penyakit ini adalah kerontokan pada rambut.
Penyakit penyebab rambut rontok yang keduaadalah telogen effluvium.
4. Hypothyroidin.
Penyakit penyebab rambut rontok yang keempat adalah hypothryrodin. Penyakit ini berhubungan dengan tiroid, kekurangan hormon tiroid yang diproduksi oleh tubuh merupaka penyebab utama penyakit ini. Memang di Indonesia penyakit ini tidak begitu populer. Penyakit ini mampui menyebabkan rambut rontok parah karena nutrisi rambut tidak bisa dicukupi oleh tubuh.
5. Anemia.
Penyakit penyebab rambut rontok yang kelima adalah anemia. Tentunya anda sudah familiar dengan penyakit kekurangan darah ini. Pada keadaan tertentu anemia dapat berakibat kerontokan rambut.
6. Alopecia areata.
Penyakit penyebab rambut rontok yang keenam adalah alopecia areata. Penyakit ini juga berhubungan denga sistem kekebalan tubuh, namun penyakit ini lebih spesifik menyerang folikel ranmbut. Ketika folikel rambut sudah tidak normal maka rambut rontok dapat terjadi.
7. Penyakit kulit.
Penyakit penyebab rambut rontok yang ketujuh adalah penyakit kulit. Sudah bukan rahasia umum kalaiu penyakit pada kulit khususnya kulit kepala dapat mengakibatkan kerontokam. Penyakit kulit tersebut antara lain kurap, borokan, seborrheic dermatitis atau lebih dikenal ketombe, dan psoriasis. 

Maka setelah membaca tulisan diatas diharapkan paradigma bahwa rambut rontok merupakan gangguan ringan pada rambut dapat dihilangkan. Rambut rontok bisa menjadi masalah serius apabila kita tidak mengenal asal usul terjadinya. Banyak penyakit yang menyebabkan rambut rontok, jadi rambut rontok harus menjadi perhatian khusus kalau ingin mendeteksi penyakit dan menangulangi penyakit dengan cepat.

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2014 Perawatan Rambut Rontok - Model kebaya modern - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger . All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger