Cara menghilangkan ketombe pada rambut


Ketombe merupakan kata yang sudah tidak asing lagi untuk telinga kita. Ketombe sangat berhubungan erat dengan rambut. Seseorang yang sangat mencintai rambutnya pastilah sangat menghindari yang namanya ketombe, karena ketombe merupakan salah satu penyebab kerusakan rambut. Khususnya bagi remaja, ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sangat sering ditemui, tentunya banyak sekali remaja yang malu apabila rambutnya memeiliki ketombe. Kali ini blog Perawatan Rambut Rontok akan membahas tentang cara menghilangkan ketombe, tentunya pembahasan ini tidak secara khusus ditujukan bagi anda yang memiliki ketombe namun secara umum pembahasan kali ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang ketombe secara menyeluruh.

ketombe
Rambut ketombe (sumber gambar id.wikipedia.com)

Pembahasan tentang cara menghilangkan ketombe dibagi kedalam beberapa bagian, yaitu:
1. Pengenalan Ketombe.
2. Penyebab Ketombe.
3. Cara Menghilangkan Ketombe.

1. Pengenalan Ketombe.
Ketombe yang memiliki nama ilmiah pityriasis capitis merupakan akibat dari pengelupasan kulit mati di bagian permukaan kulit kepala secara berlebihan, karena peristiwa pengelupasan kulit mati merupakan hal yang wajar pada kulit namun pengelupasan kulit mati yang berlebihan juga akanmenimbulkan permasalahan. Ketombe tidak boleh disepelekan karena ketombe bisa jadi merupakan salah satu gejala atau tanda untuk timbulnya penyakit lain, penyakit tersebut antara lain infeksi jamur, seborrhoeic dermatic, kutu rambut, dan psoriasis. Salah satu hal yang harus anda hindari ketika dalam proses perawatan ketombe adalah jangan pernah mengaruk kulit kepala anda secara berlebihan karena akan dapat menyebabkan kulit anda infeksi.

2. Penyebab Ketombe.
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ketombe, mulai dari penyakit sampai dengan perilaku kita terhadap kulit kepala dan rambut. Mari kita ketahui apa saja yang dapat mengakibatkan ketombe.
1. Dermatitis seborok.
Dermatitis seborok merupakan penyakit yang menyerang kulit kepala. Dermatitis seborok merupakan penyakit yang disebabkan oleh lemak atau minyak yang berlebih pada kulit kepala. Dengan kulit kepala yang memiliki minyak berlebih akan berakibat kulit kepala menjadi bersisik bahkan akan terkelupas, keadaan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab ketombe muncul di rambut kita.
2. Psoriasis.
Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa dikatakan sebagai inflamasi kronis yang terjadi pada kulit. Ciri-ciri penyakit psoriasis adalah kulit memeiliki sisik berlapis, berwarna kemerah-merahan keperakan, gatal, perih, dan bahkan apabila terjadi pengelupasan secara paksa akan berakibat pendarahan dikulit. Ada 4 faktor yang menyebabkan psoriasis, yaitu trauma fisik(contohnya garukan keras di kulit kepala), infeksi, stress, dan obat-obatan.
3. Rambut kering.
Rambut kering merupakan salah satu pemicu munculnya ketombe, hal tersebut diperparah ketika kita menggunakan alat pengering rambut (hair dryer). Ketika kita memakai hair dryer secara berlebihanan maka rambut akan menjadi kering bahkan rusak. Peristiwa tersebut harus dihindari ketika kita pada proses perawatan rambut ketombe.
4. Infeksi jamur.
Jamur memang merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh kulit kita. Jamur tidak hanya menimbulkan masalah di rambut, namun jamur juga dapat menimbulkan banyak penyakit pada kulit kita. Dalam khasus ketombe, infeksi yang terjadi akibat jamur dapat menimbulkan kulit bermink. Kulit berminyak ini adalah salah satu penyebab timbulnya ketombe di rambut.
6. Stress.
Stress merupakan salah satu keadaan yang dapat menyebabkan banyak penyakit, salah satunya ketombe. Stress sangat berhubungan dengan keseimbangan tubuh (peredaran darah, nutrisi, metabolisme, dll).
7. Rambut kotor.
Sudah bukan rahasia lagi bahwa keadaan rambut yang kotor dapat menyebabkan rambut berketombe.
8. Shampoo dan kondisioner.
Pemilihan shampoo dan kondisioner yang salah dapat berakibat ketombe, karena rambut kita sangat sensitif terhadap zat dari luar.
3. Cara Menghilangkan Ketombe.
Sebenarnya banyak cara mengatasi ketombe atau cara menghilangkan ketombe. Dari mulai cara mengatasi ketombe yang alami sampai cara mengatasi ketombe non-alami. beberapa cara menghilangkan ketombe tersebut adalah:
1. Shampo anti ketombe.
Shampo anti ketombe merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan ketombe. Kenapa merupakan cara yang paling mudah? karena  shapo anti ketombe sudah banyak dijual di supermarket atau toko terdekat anda. Shampo anti ketombe mengandung macam-macam zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut sehingga dapat menghilangkan ketombe. Melakukan keramas dengan shampo anti ketombe secara rutin akan berdampak bagus pada perawatan rambut ketombe dan kebersihan rambut.
2.Menjauhi stress.
Berpikir rileks dan tenang merupakan cara ampuh untuk menghilangkan ketpmbe secara alami. Cara ini memang tidak berhubungan langsung terhadap ketombe namun ketika kita stress maka keseimbangan tubuh kita akan terganggu sehingga berakibat bayak gangguan/penyakit yang akan timbul pada bagian tubuh kita, salah satunya ketombe.
3. Membersihkan kulit kepala dari keringat.
Keringat merupakan zat buang  hasil aktifitas tubuh kita. Keringat sama halnya racun tubuh, jadi ketika kulit kepala berkeringat baik itu setelah beraktifitas berat ataupun berolah raga sebaiknya segera mandi sehingga keadaan tersebut tidak menimbulkan ketombe.
4. Menggunakan bahan alami sebagai terapi kulit kepala dan rambut.
Banyak bahan alami yang sangat berguna untuk kulit kepala dan rambut, antara lain minyak jojoba, jeruk nipis, minyak kelapa murni, dan kulit nanas. Bahan-bahan tersebut cukup diusapkan ke kulit rambut+rambut untuk melakukan perawatan rambut rontok.
5. Menghindari kulit kepala berminyak.
Kandungan minyak minyak berlebih akan berakibat pada munculnya ketombe (telah dijelaskan di penyebab ketombe). Sebaiknya menjaga kebersihan kulit kepala dengan keramas secara rutin untuk mengurangi kelit kepala berminyak.
6. Menjaga pola hidup sehat.
Menjaga pola hidup yang sehat merupakan cara alami menghilangkan ketombe. Mengapa demikian? karena ketika tubuh kita mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup maka seluruh bagian tubuh kita akan berjalan normal dan sesuai dengan fungsinya masing-masing sehingga ketombe pun tidak akan muncul atau kalau sudah muncul tidak akan bertahan lama.
7. Mandi teratur.
Mandi teratur sebenarnya memiliki fungsi penting untuk membersihkan tubuh dari kotoran-kotoran dari luar tubuh. Dengan mandi teratur secara baik dan benar maka kebersihan rambut dan seluruh tubuh akan tetap terjaga walaupun kita memiliki aktifitas yang padat.
Sekarang setelah menbaca tulisan diatas maka kita sudah mengetahui penjelasan tentang ketombe, 8 penyebab timbulnya ketombe di rambut, dan 7 cara menghilangkan ketombe. Seharusnya dengan pengetahuan yang telah anda dapatakan dengan membaca artikel diatas, ketombe sudah bukan merupakan masalah yang serius bagi anda. Cukup kenali penyebab ketombe maka cara menghilangkan ketombe pun akan lebih mudah dilakukan.
Baca juga cara mengatasi rambut rontok .....

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2014 Perawatan Rambut Rontok - Model kebaya modern - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger . All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger