baner



Cara menghilangkan kutu rambut


Kutu rambut merupakan serangga yang banyak dibenci oleh banyak orang, khususnya orang yang sangat memperhatikan rambut. Kutu rambut merupakan serangga yang hidup dengan cara menghisap darah di kulit kepala anda, mengerikan bukan?. Disamping menghisap darah, kutu rambut juga dapat menyebabkan kulit kepala anda sangat gatal dan parahnya juga dapat mengakibatkan infeksi pada kulit kepala. Dengan segala masalah yang ditimbulkan kutu rambut, tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutu rambut.

Jangan pernah membiarkan rambut anda sebagai tempat tinggal kutu rambut karena proses berkembang biak kutu rambut sangat cepat (setiap betina kutu rambut mampu menghasilkan telur yang scukup banyak dan siklus berkembang biak tersebut berlangsung secara cepat), sehingga lama kelamaan rambut anda akan menjadi sarang kutu rambut dan berbagai macam penyakit kulit rambut akan bermunculan.

kutu rambut
Gambar Kutu Rambut

Sebenarnya cara menghilangkan kutu di rambut tidak susah-susah amat atau bukan merupakan cara yang susah dilakukan dibandingkan masalah-masalah lain yang timbul pada rambut. Cara membasmi kutu rambut dibagi menjadi dua bagian, yaitu cara menghilangkan kutu rambut secara alami (alami yang dinaksud adalah menggunakan bahan-bahan yang berasal langsung dari alam tanpa bahan buatan) dan cara mengatasi kutu rambut dengan alat (menggunakan alat dan bahan buatan manusia). Kedua cara tersebut dipercaya sangat ampuh dalam menghilangkan kutu rambut.

1. Cara menghilangkan kutu rambut secara alami.
Mari kita bahas beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

A. Bawang Merah.
Bawang merah merupakan bahan yang sangat berguna untuk kesehatan rambut. Selain berguna untuk kesehatan, bawang merah juga dipercaya dapat menghilangkan kutu rambut. Cara ini sudah ada sejak jaman dulu dan merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi kutu rambut. cara yang digunakan cukuplah mudah, hanya dengan cara menumbuk bawang merah sampe halus atau kalau cara sekarang adalah dengan menggunakan blender sampai bawang merah sampai halus, setelah bawang merah halus kemudian ramuan tersebut dioleskan dari kulit kepala, pangkal rambut, dan ujung rambut secara merata untuk menghasilkan rambut sehat dan bebas kutu rambut.  Dengan menambahkan pijatan-pijatan pada kulit kepala aka proses penyerapan ramuan bawang merah akan lebih cepat terserap pada kulit kepala dan rambut sehingga kutu rambut pun akan cepat hilang.

B. Minyak Kelapa.
Sama halnya dengan bawang merah, minyak kelapa disamping memiliki beberapa manfaat untuk rambut juga mampu untuk mematikan kutu yang ada di rambut. Fungsi dari minyak kelapa adalah mematikan kutu rambut dengan cara membuat mereka kekurangan air (dehidrasi), ketika minyak kelapa dioleskan diseluruh permukaan kulit kepala maka kutu rambut tidak akan dengan leluasa menyerap darah di kulit kepala. Dengan cara ini secara tidak langsung kutu kepala akan mati dengan sendirinya. Penggunakan minyak kelapa sama halnya dengan bawang merah, yaitu dengan cara dioleskan di kulit kepala dan didiamkan sedikitnya 5 jam.
C. Cuka Putih
Fungsi utama dari cuka putih adalah untuk membersihkan dan yang paling penting menghambat telur kutu rambut menetas (hal ini karena cuka memiliki kandungan zat yang dapat menghambat proses penetasan kutu), tentunya ketika anda sudah membersihkan kutu rambut maka yang menjadi keingginan anda adalah kutu rambut tidak balik lagi ke rambut. Salah satu jalannya dengan membersihkan dengan total telur kutu rambut yang masih tersisa di rambut. Tidak susah mencari cuka putih, cuka putih merupakan bahan yang gampang untuk didapatkan di toko atau supermarket terdekat.
D. Cuka Apel
Sama halnya dengan yang telah dijelaskan pada cuka putih, cuka apel juga ampuh untuk mengatasi kutu rambut. Caranya cukup dengan mencampur 2 sendok makan cuka apel dilarutkan atau dicampur dengan 6 sendok air kemudian dioleskan ke seluruh kulit kepala.
E. Minyak Pohon Teh.
Memnag hanya beberapa sumber yang mengatakan bahwa minyak pohon teh mampu menghilangkan kutu rambut, namun tidak ada salahnya untuk dicoba cara yang satu ini karena cara ini merupakan salah satu alami untuk menghilangkan kutu rambut.
F. Almond.
Almond tidak hanya enak untuk dimakan tapi juga mempunyai khasiat lain ketika digunakan pada kulit kepala. Kandungan zat yang dimiliki oleh almond mampu untuk membunuh kutu rambut apabila dioleskan secara langsung di kulit kepala. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mencampur almod dengan lemon kemudian dibuat menjadi pasta, dan pasta inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengolesi kulit kepala sehingga kutu rambut akan mati.

2. Cara menghilangkan kutu rambut dengan alat.
Setelah mengetahui cara menghilangkan kutu rambut secara alami, maka kita akan lanjut menggunakan alat untuk membasmi kutu rambut. Cara membasmi kutu rambut tersebut adalah :
A. Sisir Serit.
 Sisir serit merupakan salah satu jenis sisir yang mirip dengan sisir yang biasa kita gunakan, yang membedakan antara sisir serit dengan sisir biasa adalah sisir serit lebih rapat anak sisirnya dibandingkan dengan sisir biasa. Penggunaan sisir serit merupakan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat dan sudah dibuktikan prosentase tingkat keberhasilan membasmi kutu rambut sangat tinggi. Tidak hanya kutu rambut saja, sisir serit juga merupakan salah satu cara menghilangkan telur kutu rambut. Ketika kita menyisir dengan sisir serit maka kotoran, telur kutu rambut, dan kutu rambut akan ikut terbawa oleh anak sisir yang rapat sehingga dengan menyisir yang teratur maka kutu rambut akan cepat menghilang di kepala anda.Penggunaan sisir serit tidak lah susah, cukup menyisir setelah anda melakukan keramas sehingga dalam proses menyisir rambut tidak mengalami kusut dan rambut rontok.
B. Shampo anti Kutu Kambut.
Cara yang satu ini mungkin cara yang banyak digunakan. Memang menggunakan shampo anti kutu rambut merupana cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Dengan kandungan zat di dalam shampo maka kutu rambut akan mati ketika keramas menggunakan shampo anti kutu rambut. 
C. Botak.
Mencukur rambut hingga botak merupakan cara yang paling ekstream dan cara yang paling manjur untuk membasmi kutu rambut. Apabila dengan berbagai cara anda sudah menyerah menghadapi kutu rambut, tips menghilangkan kutu rambut dengan mencukur rambut hingga botak merupakan solusi terakhir dan paling manjur untuk mwmbuat kepala anda terbebas dari kutu rambut. Lakukan cara ini dengan syarat anda sudah siap mengorbankan rambut anda untuk dihilangkan dan atau cara lain sudah digunakan namun tidak manjur untuk membasmi kutu rambut.

Telah banyak cara menghilangkan kutu rambut yang sudah dijelaskan diatas. Tinggal anda pilih cara mana yang paling efektif untuk membasi kutu rambut beserta telur-telurnya. Cara atau tips menghilangkan kutu rambut diatas mungkin efektif bagi sebagian orang namun tidak menutup kemungkinan untuk tidak berhasil pada beberapa orang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2014 Perawatan Rambut Rontok - Model kebaya modern - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger . All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger